pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Internet



Google Bangkrut Di Russia

ERNDT • Internet • 26 Aug 2020 • 52 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Google merupakan sebuah mesin pencari yang masih banyak digunakan di seluruh dunia tapi kenapa Google mlempem di Russia. Mari kita lihat sejarahnya terlebih dahulu.

Google didirikan pada tanggal 4 September 1998 oleh 2 orang mahasiswa yaitu Larry Page dan Sergey Brint di Universitas Stanford. Dengan misinya mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya dan berguna bagi banyak orang. Google mempunyai slogan resmi "Don't be evil" yang menggambarkan seolah olah Google punya kekuatan super.

Mesin pencari Google memang bukan yang pertama kali ada di dunia ini, sebelumnya sudah ada Lycos dan Ask. Namun Google terus berinovasi, salah satunya menciptakan algoritma pagerank yang diciptakan oleh Larry Page yang dapat mengukur kualitas sebuah halaman website dengan melihat banyaknya dan kualitas backlink yang mengarah ke halaman website tersebut.

Google dengan cepat berubah jadi perusahaan raksasa, perusahaan induknya Google Alphabet telah mengakusisi banyak perusahaan dan produk lainnya seperti Blogger, Youtube, dsb. Google tidak lagi hanya bermain di mesin pencari namun bermain juga di penyimpanan cloud (google drive), video sharing (youtube), platform blog (blogger), spreadsheet online (google docs), google server (google firebase), periklanan (google adsense), mobile os (android dan play store) bahkan merampah ke hardware dan smartphone (google nexus, virtua reality, google glass).

Tapi kenapa Google mesin pencari tidak berjaya di Russia ? Karena selain Google.ru masih ada satu lagi pemain besar yaitu Yandex. Di dunia internasional jarang ada yang tahu apa itu Yandex, Yandex sama seperti layaknya Google. Yandex justru berdiri lebih dulu yaitu pada tahun 1997 oleh 3 orang warga Russia. Layanan yang diberikan Yandex saat ini meliputi mail, news, map, finance, market, browser, taxi dll.

Yandex menguasai 50% pasar mesin pencari di Russia dan beberapa negara mantan persemakmuran Uni Sovyet lainnya seperti Ukraina, Chechnya, dsb.

Yandex memberikan hasil pencarian lebih baik untuk kata kunci menggunakan bahasa Russia atau bahasa Cryllic itu sebabnya Yandex banyak digunakan di Russia ketimbang Google.

Bahasa cyrillic / kirilik / kiril adalah bahasa asli yang digunakan di Russia, Serbia, Makedonia, Belarussia,Ukraina.

Bahasa krilik disusun oleh murid Santo Sirilus seorang Missionaris dari Bizantium yang menyebarkan agama Kristen ke daratan Russia dan sekitarnya. Untuk menghormati gurunya maka disusunlah bahasa kirilik.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Google Bangkrut Di Russia




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code