pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Internet



Penyebab Meteran PLN Rusak "Periksa"

ERNDT • Internet • 1 Aug 2020 • 168 Dilihat




Pinterduit.com - Meteran PLN anda ada tulisan "PERIKSA" nya ? Sebenarnya apa sih maksud tulisan "periksa" itu, apa penyebab dan akibatnya jika diabaikan ?

Meteran PLN yang prabayar model token pulsa memang sering bermasalah. Sudah banyak terdengar kisah meteran PLN yang error termasuk saya sendiri pernah 3 bulan pulsa tidak berkurang.

Salah satu kendala kerusakan yang sering muncul adalah muncul tulisan "PERIKSA" .
Tulisan itu adalah sistem yang dibuat pada meteran PLN prabayar untuk melindungi meteran dari tindakan atau kejadian tidak baik seperti korsletting, tegangan yang tidak tepat, arus listrik yang tidak tepat atay perusakan segel meteran. Jadi petugas PLN harus memeriksanya.

Kalau berdasar pengalaman saya, meteran PLN saya muncul tulisan periksa setelah ada kejadian korsletting, 2 kabel plus minus yang disatukan. Listrik langsung anjlok anjlok, memang bisa dinyalakan kembali MCB nya tapi meteran PLN nya ada tulisan periksa.

Apa dampaknya ? dampak dari muncul tulisan periksa milik saya adalah menjadi tidak bisa input token pulsa. Jadi harus menghapus tulisan periksa itu.

Cara menghapusnya adalah dengan kode clear tamper dan hanya petugas PLN yang mempunyai kode ini. Solusinya hubungi petugas PLN melalui no telepon, aplikasi android atau email. Bebas pilih yang mana. Nanti petugas PLN akan datang dan menginput kode clear tamper dan meteran PLN anda akan normal kembali.



Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Penyebab Meteran PLN Rusak "Periksa"




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code