pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Kendala Yang Saya Hadapi Saat Menanam Sayur Dan Buah Di Pekarangan

ERNDT • Umum • 9 Jun 2020 • 40 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Hari ini sudah sekitar setahun berjalan saya menanam tanaman di pekarangan sebagai kegiatan penghilang stress dan jenuh jika harus selalu berhubungan dengan teknologi, komputer, gadget. Karena merawat tanaman dan melihat tumbuhan hijau juga dapat memberikan efek segar dan rileks bagi pikiran.

Beberapa jenis tanaman yang saya tanam adalah cabai, pepaya, sereh, bayam, jeruk nipis, jeruk pecel, jahe, kunyit dll. Awalnya semua tumbuh subur dan normal namun akhir akhir ini terdapat beberapa kendala. Beberapa kendala itu diantaranya adalah sebagai berikut.

TANAMAN CEBOL

Ini adalah kendala pertama, entah apa penyebabnya saya juga kurang tahu. Beberapa tanaman seperti cabai tidak bisa tumbuh maksimal. Daun tidak bisa tumbuh lebat tapi hanya kecil kecil, begitu juga dengan buahnya. Cebol tidak bisa tumbuh besar dan normal seperti biasanya.

TANAMAN MEMBUSUK

Entah apa penyebabnya hampir semua tanaman baru yang baru ditanam selalu membusuk dan mati. Seperti daun bawang yang awalnya tumbuh subur tiba tiba saja pohon membusuk sampai akar akarnya dan mati.

CABAI MEMBUSUK DI POHON

Hal lain juga terjadi pada tanaman cabai dimana buah cabai yang sudah tumbuh ada beberapa yang membusuk (semacam gosong) ketika masih berada di pohonnya.

Mengenai penyebab kendala itu belum saya cari penyebabnya dan cara mengatasinya. Mungkin ada pembaca yang lebih paham mengenai pertanian bisa berkomentar di artikel ini untuk memberikan solusi dan pencerahan.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kendala Yang Saya Hadapi Saat Menanam Sayur Dan Buah Di Pekarangan




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code