pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Kisah Nyata 47 Ronin Samurai

ERNDT • Umum • 16 Aug 2020 • 56 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Di Jepang ada sebuah kisah yang sangat terkenal yaitu kisah tentang 47 Ronin. Ronin adalah samurai yang tidak mempunyai tuan. Samurai sendiri adalah seorang ksatria bersenjata pedang (jaman sekarang bisa dibilang sebagai militer) yang dapat dipekerjakan.

Kisah 47 Ronin mengisahkan 47 samurai yang membalaskan dendam tuannya. Kisah ini terjadi pada Jaman Shogun. Shogun adalah sebutan untuk pemimpin tertinggi pasukan penguasa wilayah (jendral) jaman sekarang semacam perdana menteri.

Dan dibawahnya ada seorang Daimyo (kalau jaman sekarang semacam gubernur). Salah seorang Daimyo itu bernama Asano. Asano ini bertengkar dengan pejabat tinggi lainnya bernama Kira di istana Edo (sekarang Tokyo), Asano menyerang Kira menggunakan pedang. Berdasar peraturan maka hari itu juga Asano dihukum oleh Shogun. Jaman dahulu hukuman terhormat seorang samurai disebut seppuku. Seppuku adalah ritual bunuh diri seorang samurai dengan cara merobek perut mereka sendiri dengan pisau. Didampingi seorang partner, jika pelaku kesakitan dapat meminta bantuan partner untuk segera menebas leher pelaku ritual seppuku.

Selanjutnya para samurai yang bekerja untuk Asano kehilangan tuan nya dan menjadi Ronin. Para Ronin sudah tidak punya wewenang lagi berada di istana dan diusir. Mereka berpisah ke beberapa penjuru kota. Dan pada akhirnya seorang pemimpin samurai bekas penasihat Asano yang bernama Oishi mengumpulkan para Ronin bekas anak buahnya untuk membalas dendam karena Kira tidak dihukum. Hanya Asano saja.

Awalnya para Ronin berjumlah sekitar 120 orang namun pada akhirnya yanh masih setia hanya ada 47 Ronin yang membuat semacam surat pernyataan sumpah setia untuk melakukan misi balas dendam.

ke 47 Ronin ini berhasil menyerbu ke kediaman Kira dan berhasil membunuhnya. Pada perjalanan untuk menyerahkan diri, salah satu Ronin memisahkan diri dari rombongan dan tinggal tersisa 46 Ronin yang menyerahkan diri kepada Shogun. Ke 46 Ronin ini dihukum dengan terhormat dengan ritual seppuku (merobek perut sendiri).

Demikian kisah nyata 47 Ronin yang juga dibuat film dengan dibintangi Keanu Reeves dan tentu saja dengan sedikit adaptasi dan bumbu bumbu agar layak menjadi sebuah film yang enak ditonton.

Dalam film 47 Ronin yang dibintangi Keanu Reeves mengabaikan aspek netral dari pihak yang bertikai (Asano vs Kira), dalam film Asano difitnah oleh Kira dengan cara diracun sihir agar menyerang Kira yang sedang tidur dan tak bersenjata.

Dan dalam film 1 orang Ronin diampuni oleh Shogun yaitu anak dari Oishi bernama Chikara.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kisah Nyata 47 Ronin Samurai




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code