pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Macam Macam Pedang Jepang

ERNDT • Umum • 8 Aug 2020 • 37 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Halo gaes, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sekilas tentang macam macam pedang yang berasal dari Jepang agar menambah pengetahuan kita dan agar tidak salah sebut dengan sebutan samurai.

KATANA

Yang pertama dan yang paling populer adalah pedang katana, di Indonesia biasa disebut pedang samurai, padahal samurai itu orang yang membawa pedang itu bukan nama pedangnya. Pedang yang dibawa seorang samurai itu yang pedang panjang disebut katana. Panjang katana kira kira bilahnya 70cm dan gagangnya 30cm jadi total panjangnya sekitar 1 meter. Besi pelindung gagang berbentuk bulat.

WAKIZASHI

wakizhasi itu adalah sebuah pedang yang berwujud sama persia dengan katana. Hanya saja ukurannya lebih pendek sekitar 40cm untuk panjang bilahnya. Wakizashi juga dibawa oleh seorang samurai bersanding dengan katana. Saat memasuki bangunan suci seperti kuil. Maka katana dititipkan ke penjaga namun wakizashi tetap dibawa. Wakizashi juga selalu dibawa / berada di dekat samurai saat tidur . Wakizasho juga diberikan kepada anak keturunan samurai saat mulai menginjak masa remaja walaupun wakizashi dililit benang untuk mencegah pedang terhunus.

TANTO

Tanto adalah sebutan untuk pisau jepang yang bentuknya sama denga katana hanya saja ukurannya lebih kecil lagi dari wakizashi dan tidak ada logam pelindung gagang. panjang bilah tanto kira kira hanya 20cm.

NINJATO

Ninjato adalah pedang yang dipakai oleh para ninja. Bentuknya hampir sama dengan katana hanya saja bilahnya lurus tidak melengkung seperti katana. Dan logam pelindung gagangnya berbentuk kotak persegi bukan bulat seperti pada katana.

KODACHI
kodachi adalah salah satu pedang jepang yang bentuknya sama persis dengan katana. Hanya saya yang membedakannya adalah panjangnya yang tanggung. Kodachi tidak sepanjang katana namun juga tidak sependek wakizashi. Kira kira panjang bilahnya sekitar 50cm.

TACHI

Tachi adalah pedang militer jepang sebelum katana. Tachi saat ini sudah tidak digunakan lagi. Karakter utama tachi adalah bilahnya yang lebih sempit daripada katana dan juga bentuknya lebih mepengkung dari katana.




Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Macam Macam Pedang Jepang




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code