pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Fashion



Cara Mengatasi Cucian Bau Apek

ERNDT • Fashion • 28 Aug 2020 • 48 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Dulu saya pernah mencuci baju selalu bau, saya bertanya tanya apakah ada yang salah dengan keringat saya. Setiap mencuci baju selalu bau apek, kadang bau asem asem, atau malah bau comberan.

Ternyata tidak ada yang salah dengan keringat saya, baju bau apek setelah dicuci terjadi karena beberapa hal. Berikut adalah penyebabnya.

AIR TIDAK MENGANDUNG MINERAL / AIR HUJAN

Penyebab yang paling utama jika anda merasa sudah bener mencucinya tapi masih bau apek, itu karena memang kualitas airnya yang tidak mengandung mineral, contohnya seperti air hujan. Coba anda mandi dengan air hujan pasti sabun yang anda bilas akan tetap terus licin dan tidak bisa terbilas sempurna seperti saat menggunakan air sumur. Baju yang bau apek setelah dicuci juga biasanya terjadi saat musim hujan saat air hujan sudah banyak mencampuri air sumur.

Cara mengatasinya adalah tambahkan garam, karena garam ini lumayan mahal maka gunakan garam grosok. Atau jika tidak ingin menggunakan garam maka bilas 2x dengan air yang banyak dan sabun detergent yang dipakai untui mencuci dikurangi takarannya.


MERENDAM CUCIAN DENGAN AIR SABUN LEBIH DARI 4 JAM

Penyebab kedua cucian baju bau apek adalah karena terlalu lama merendam cucian dengan air sabun, idealnya rendam cucian tidak lebih daru 4 jam. Coba saja saat merendam pakaian lebih daru 12 jam, untuk merk detergent tertentu akan menyebabkan cucian bau seperti comberan. Meskipun dilanjutkan dicuci seperti biasa akan tetap tercium aroma comberan. Cara mengatasinya adalah jangan rendam cucian dengan air sabun lebih dari 4 jam. Jika ingin merendam lama dan belum sempat mencucinya karena capek, rendamlah dengan air biasa tanpa sabun.

TIDAK KERING SEMPURNA / KURANG SINAR MATAHARI

Ini adalah penyebab tambahan cucian bau apek, cucian sudah bau apek karena kualitas airnya tadi ditambah lagi musim hujan sinar matahari tidak tersedia maksimal. Alhasil baju mengandung sedikit air sabun bertahan 24 jam menyebabkan bertambah bau apek, asem asem gimana gitu.

BAJU BASAH KERINGAT TIDAK LANGSUNG DICUCI

Ini hampir sama seperti merendam cucian dengan sabun terlalu lama, tapi bedanya ini seperti merendam baju dengan air keringat. Jika kita beraktifitas seperti berolahraga, kerja bakti yang menyebabkan baju basah karena keringat maka sebaiknya langsung dicuci dengan segera karena jika dibiarkan selama lehih dari 2 hari maka akan menyebabkan bau tidak sedap, walaupun sudah dicuci baunya tidak akan hilang.

GUNAKAN PEWANGI

Jika hal diatas sudah dilakukan maka anda bisa menambahkan pewangi. Karena jika hal diatas masih dilakukan walau ditambahkan pewangi pun tidak akan terlalu mempan. Bau apek dan asem nya masih kuat dan malah campur aduk dengan bau wangi.

Demikian penyebab dan cara mengatasi cucian bau apek berdasar pengalaman pribadi semoga bermanfaat.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Mengatasi Cucian Bau Apek




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code