pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Travel



5 Bagian Ruang pada Museum Negeri SUMUT

Nafisathallah • Travel • 31 Aug 2020 • 15 Dilihat




Pinterduit.com - Museum Negeri SUMUT yang terletak di jalan HM. Joni No. 51 merupakan bangunan yang dikelola oleh dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) provinsi Sumatera Utara. Kegunaan dari museum di kota Medan ini tentunya bertujuan untuk mengumpulkan, dan merawat warisan budaya masyarakat Sumatera Utara yang terdiri dari bermacam-macam suku yang kaya akan budaya seperti suku Batak, Karo, Melayu, Nias, dan Mandailing.

Bagian-Bagian Ruang yang ada di Museum Negeri SUMUT/Gedung Arca


Gedung Arca atau yang lebih dikenal dengan musium negri ini memiliki beberapa ruangan paling populer yang sering dikunjungi dan digemari oleh pengunjung!

1. Ruang Masa Prasejarah


Ruangan ini terletak ditengah-tengah gedung dan memiliki pintu kaca yang tembus pandang sehingga pemandangan outdoor sekitar taman akan terlihat yang menambah estetika. Disini anda bisa melihat replika dan beragam diorama yang menggambarkan kehidupan di masa purbakala. Beragam spesimen fosil berupa tulang belulang gajah, macan, dan juga manusia purba turut ditampilkan.

2. Ruang Kerajaan Hindu-Buddha


Satu-satunya kerajaan bercorak Buddha yang memiliki pengaruh kuat tidak hanya di kota Medan, namun seluruh pulau Sumatera adalah Kerajaan Sriwijaya yang kekuasaannya mencapai mancanegara yakni daerah Pattani, Thailand dan Semenanjung Malaysia. Sehingga di ruang ini kebanyakan merupakan peninggalan-peninggalan dinasti Sriwijaya. Salah satu patung dan prasasti dari kebudayaan Hindu-Buddha yang menjadi ikonik museum negeri ini adalah Prasasti Batu Makara yang diletakkan langsung atas perintah dan oleh presiden RI pertama Ir. Soekarno.

3. Ruang Kerajaan Islam


Kerajaan islam yang paling dikenal seantero kota Medan adalah Kerajaan Deli, bahkan sampai sekarang jejak-jejak peninggalannya masih ada seperti Istana Maimun dan beberapanya ada di museum ini. Kerajaan Deli sangat dipengaruhi oleh budaya suku Melayu yang sangat kuat dan kental, maka dari itu bagian ruangan ini dicat dengan warna hijau dan didominasi warna kuning.

4. Ruang Masa Kolonialisme Belanda


Beragam artefak dan peninggalan yang ditinggalkan oleh pemerintah koloni Belanda saat masih ada di wilayah Sumatera Utara khusunya kota Medan seperti meriam, musket/senapan lontak, bubuk mesiu, dan juga rempah-rempah cengkeh dan pala turut dijadikan pajangan sebagai simbolisasi Hindia Belanda.

5. Ruang Masa Pendudukan Jepang


Di bagian ini terlihat persenjataan yang lebih modern yang dipakai oleh kekaisaran Jepang dalam melawan sekutu di perang dunia 2. Ada berbagai jenis senjata api, mortar, bom, dan juga bayonet/pisau. Tidak lupa juga diperlihatkan senjata perjuangan milik bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan sekutu maupun Jepang seperti bambu runcing, senapan rakitan, dan yang paling saya kagumi adalah meriam yang dibuat dari tiang listrik. Sejarahnya, meriam/cannon tersebut dibuat secara dadakan oleh para pejuang sebagai artileri dalam peperangan.
Sekian itulah daftar 5 ruangan yang paling digemari dan dikunjungi turis dan pengunjung yang datang ke museum negeri SUMUT kota Medan.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 5 Bagian Ruang pada Museum Negeri SUMUT




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code