pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Internet



5 Tips Menghemat Kuota Super Irit Semua Operator

Nafisathallah • Internet • 21 Aug 2020 • 45 Dilihat • publish




Pinterduit.com -

Cara Ampuh Menghemat Paket Data Internet agar Lama Habis - No Tipu!



Di era digital ini, dimana hampir semua sendi-sendi kehidupan memerlukan yang namanya akses internet, membuat kebutuhan akan paket data setiap orang semakin meningkat.
Jika dulu kita memakai HP hanya untuk menelpon dan SMS, maka sekarang Smartphone sudah dapat menggantikan perannya atau bahkan lebih daripada itu, seperti menangkap gambar (foto), selfie, merekam audio, hingga menonton film pun semuanya bisa dilakukan hanya dengan Smartphone.
Dan karena itu jugalah, muncul kebutuhan baru yang dinamakan koneksi internet agar Smartphone tersebut dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan kemampuan serta fitur-fiturnya.
Bagi anda yang menggunakan jasa layanan provider yang mahal, tentulah keterbatasan kuota adalah hal yang sangat menjengkelkan, apalagi belum sampai sebulan sudah habis.
Dan bagi anda yang masih pelajar/remaja, kuotanya masih dijatah dan berasal dari uang orang tua sehingga jika habis terpaksa menunggu untuk dibelikan.
Setidaknya ada beberapa trik dan tips agar kuota yang anda punya tahan lama dan awet hingga batas waktu yang lumayan lama, setidaknya bisa lebih dari sehari, dan itupun tergantung pemakaian anda.

Tata Cara Menghemat Kuota Tanpa Hal yang Aneh-Aneh dan No Root



Jika anda memikirkan harus di root segala HP-nya, maka anda bisa bernafas lega karena anda tidak harus melakukan semua hal yang ribet dan repot itu. Anda hanya perlu mendownload beberapa Aplikasi Tools yang bisa anda dapatkan secara gratis di Playstore/Appstore, dan tentunya akan saya pilihkan dan rekomendasikan ke anda aplikasi mana yang paling bagus dan ringan tentunya.

1. Biasakan Kompres Gambar dan Video sebelum mengirimnya ke WA


Untuk apa mengirim gambar dan video yang berat dan berevolusi tinggi ke teman WA jika hanya untuk keperluan yang tidak terlalu urgent, atau kalau tidak dikhususkan harus beresolusi tinggi. Tentunya akan ada banyak manfaat yang akan anda terima jika anda memperkecil resolusi dan ukuran dari file yang ingin anda kirim, antara lain seperti lebih mudah terkirim, lebih cepat terkirim, dan tentunya lebih hemat kuota. Dengan catatan bahwa kualitas dari video atau gambar anda akan menurun, namun ini tetap sangat-sangat worth it untuk dicoba, apalagi sekarang banyak siswa yang belajar daring lewat aplikasi WA, dan diharuskan mengirim foto tugas yang mereka tulis di buku catatan kepada guru bidang studinya. Para guru tidak akan tahu dan tidak akan mempermasalahkan soal resolusi gambar, saya bahkan meragukan mereka mengerti soal itu, yang penting selama fotomu masih bisa dibaca oleh mereka berarti kamu masih aman. Aplikasi untuk Mengkompres file gambar (JPG, PNG, WEBP) rekomendasi saya adalah aplikasi Photo Compress yang Developernya Saawan Apps, dan untuk kompres file Video (MP4, 3GP, MKV) aplikasi rekomendasi saya adalah VidCompact dengan nama developer VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc.

2. Jangan Mendownload Video di Youtube, Namun Record saja dengan Aplikasi Perekam Layar


Jika anda menyukai suatu video di channel Youtube milik seseorang dan ingin menontonnya berulang-ulang, dan untuk yang kedua kalinya, akan selalu ada opsi untuk mendownload video tersebut untuk bisa ditonton disaat offline atau kuota habis. Aplikasi yang bisa anda pakai Screen Recorder milik Kimcy929, saya sangat rekomendasikan ini, sudahlah ringan lalu bebas iklan dan gratis lagi! Gunakan Internal audio, agar suara rekaman lebih jernih

3. Selalu Pilih Resolusi Video yang Terendah Saat Menonton Youtube


Sudah menjadi rahasia umum, jika Youtube adalah salah satu aplikasi yang paling banyak memakan kuota, aplikasi yang paling boros paket data. Untuk itu, kita selalu memiliki pilihan untuk mengatur kualitas video yang kita tonton, lagipula untuk apa bagus-bagus kali videonya, jika visualnya masih bisa kita tangkap mata dan audio masih terdengar jelas. Paling saya sarankan untuk menonton dengan kualitas 360p atau 240p.

4. Biasakanlah Mengirim Pesan Teks, daripada Voice Note di WA atau semacamnya


Yang kita ketahui dalam dunia yang serba digital elektronik ini, jika media yang paling ringan adalah kode teks atau chat, daripada file audio, visual atau yang paling berat video. Jika anda hanya menyampaikan pesan dengan chat teks, maka sudah berapa banyak kuota yang anda selamatkan untuk hari ini.

5. Selalu Memakai Aplikasi Lite


Para developer sudah berbaik hati menyediakan fasilitas jika anda mau mencobanya, ada yang namanya Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, LINE Lite, Spotify Lite, dan banyak lainnya.
Sekian itulah 5 tips yang bisa saya sampaikan dalam hal menghemat kuota, sebenarnya ini kembali lagi kepada bagaimana pribadi anda dalam mengelola kebutuhan dan mengatur paket internet, dimulai dari langkah kecil untuk menuju kuota awet dan tahan lama hingga sebulan penuh.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 5 Tips Menghemat Kuota Super Irit Semua Operator




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code