pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



6 Hal Ini Terpikir saat Orang Tua Baru Meninggal

Nafisathallah • Umum • 10 Sep 2020 • 19 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kehilangan seseorang yang sangat dekat dengan kita tentunya merupakan hal yang sangat menyakitkan.
Hal yang mungkin akan selalu dihindarkan orang-orang untuk dipikirkan karena hanya akan menimbulkan kegelisahan dalam hati.
Namun, yahh mau bagaimana pun juga tidak ada manusia yang abadi, kita semua ini hanyalah manusia biasa, dengan kemampuan rata-rata, dan angka harapan hidup yang biasanya tidak melebihi satu abad.
Sehingga kematian orang-orang terdekat yang kita cintai adalah sesuatu yang nyata dan suatu saat pastilah akan terjadi, sama halnya dengan diri kita. Semua yang bernyawa akan merasakan mati.
Namun hal seperti ini sering tidak kita sangka-sangka dan terjadi secara mendadak, tidak bisa diduga-duga karena banyak juga kejadian seseorang yang sehat dan tidak ada masalah, lalu tiba-tiba kabarnya sudah meninggal saja.
Bagi anda yang mungkin belum pernah merasakan kepergian orang terdekat, mungkin saya bisa jabarkan apa perasaan manusia saat orang yang penting dalam hidupnya, dalam hal ini orang tuanya saya menyamaratakannya antara ibu dan ayah, meninggalkannya untuk selama-lamanya menuju alam yang baru.

1. Memikirkan Kenapa Takdir Berjalan Seperti ini


Perasaan yang timbul dan mulai menghasutmu untuk membenci dunia ini, lalu menjadi sebuah guncangan iman kepadamu " Kenapa harus aku yang mengalami ini?", " Kenapa harus orang tuaku yang meninggal?" " Dari banyaknya orang jahat di dunia ini, tidak bisakah mereka saja yang meninggal?". Pertanyaan kenapa dan kenapa yang terus bermunculan tidak akan ada habisnya jika kamu terus memikirkannya seperti itu, karena kita manusia yang lemah ini, tidak punya kuasa atas hal tersebut dan kita hanya diperbolehkan untuk menerimanya dan mengambil hikmah untuk belajar dari kematian orang lain.

2. Memikirkan Masa-Masa Saat Sedang Bersama Orang Tua


Kejadian-kejadian masa lalu dan peristiwa yang sudah lama terlewat atau bahkan mungkin kita lupakan, dalam sekejap teringat dan muncul kembali di otak pikiran kita, saat orang tua kita masih tertawa terbahak-bahak bersama kita dan keluarga yang lain, saat ayah dan ibumu tidak lupa saat hari ulang tahunmu tiba dan ada banyak makanan serta hadiah di rumahmu. Kenangan-kenangan indahmu bersama mereka, akan menjadi rasa sakit paling hebat yang anda rasakan saat kepergian mereka.

3. Memikirkan Saat-Saat Orang Tua Sedang Marah Karena Kita


Kita semua ini memanglah anak yang ceroboh, tidak bisa diharap, tidak becus dalam melakukan segala hal atau memang orang tua kita yang terlalu ambisius dan memaksakan kehendaknya kepada kita, namun apalah arti itu semua saat dia sudah tidak ada lagi, seketika kita tidak akan memperdulikan lagi sudah seberapa banyak amarah yang orang tua kita lakukan kepada kita, entah itu murni karena kesalahan kita yang membuatnya marah, atau karena memang itu pure keegoisan orang tua kita, namun itu semua sudah tidak kita perdulikan lagi, aku mau mendengar amarahnya sekali lagi, untuk yang terakhir kali, namun aku tahu itu mustahil.

4. Memikirkan Hari-Hari Esok Tanpanya


Jika kita yang ditinggal orang tua saat masih sangat bergantung kepadanya, makan masih dimasakin, baju masih dicuci, sampai kamar pun masih dibersihin olehnya, maka kehilangannya akan sangat terasa sampai kalian memikirkan besok aku harus bagaimana yah?

5. Memikirkan Bagaimana Melakukan Pemakaman dan Penghormatan Terakhir


Setiap keluarga pasti menginginkan penghormatan terakhir yang terbaik bagi anggota keluarganya yang meninggal, terlebih lagi kamu sebagai anaknya dan yang paling sulung/besar, memiliki kewajiban untuk melakukan shalat jenazah (semacam penghormatan terakhir khusus muslim) kepada orang tuamu dan mengantarkannya sampai ke liang lahat. Saat itu kamu diberi tekanan mental yang sebesar-besarnya, karena anda menanggung perasaan kuat sekaligus rasa sedih yang masih menyelimuti diri.

6. Mulai Memikirkan Kedepannya Apa yang Dilakukan Agar Tidak Berlarut-larut Dalam Kesedihan


Kamu mulai kepikiran untuk lebih terbuka dalam merencanakan masa depan dan berpikir lebih jauh untuk mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi, itu wajar. Jika kamu mulai memikirkan mengenai masalah finansial, pendidikanmu, dan semuanya yang berhubungan dengan masa depan dan kebaikanmu nanti, maka itulah yang sekiranya waktu adalah obat yang sebaik-baiknya untuk kehilangan. Kita sibuk mengerjakan hal-hal dan mengisi waktu dengn kegiatan positif bukan untuk melupakan orang tua kita yang sudah meninggal, namun agar kita tidak terlarut-larut dalam kesedihan yang hanya akan mengakibatkan beban psikis bagi kita.

Inilah sekiranya perasaan seseorang diawal-awal kematian orang tercintanya, entah itu kekasih, teman, dan yang paling sesuai dengan tulisan diatas adalah orang tua. Namun, sekiranya kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwa dan bagi yang masih punya kesempatan maka hargailah waktu bersamanya karena itu tidak akan bisa diulang kembali.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 6 Hal Ini Terpikir saat Orang Tua Baru Meninggal




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code