pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Blogger



Alasan Tidak Memakai Script Anti Copy Paste Blog

Nafisathallah • Blogger • 6 Sep 2020 • 12 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Banyak para blogger yang mencari script khusus untuk dipasang di blog pribadi mereka agar tulisan di postingannya tidak bisa diblok dan di salin ulang oleh orang lain.
Tentunya hal ini adalah hal yang wajar karena siapa juga orang yang mau karyanya dipakai dan diuangkan oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita.
Umumnya orang-orang yang memasang script anti copas memiliki motif untuk menghindari kegiatan plagiarisme yang akan membahayakan ranking website dan merugikannya secara materi maupun karya, karena saat orang lain melakukan plagiat terhadap karya kita secara diam-diam dan tanpa seizin kita, maka pihak yang paling dirugikan adalah kita karena jika pun si plagiator tidak mendapatkan apa-apa dari karya yang ia jiplak, tetap saja kita akan dirugikan secara hak cipta.
Memang benar plagiarisme adalah tindakan yang tercela dan buruk bagi sesama konten kreator seperti kita, dan pemasangan script anti copy paste pada website merupakan salah satu solusi untuk melawan tindakan plagiat.

Alasan Mengapa Anda Tidak Seharusnya Memasang Script Anti Copy Paste pada Blog


Namun, saya sarankan kepada anda untuk tidak memasang script tersebut di edit .html blog anda. Mengapa demikian? Apakah saya mendukung tindakan plagiat? Bukankah memasangnya dapat menghindarkan konten kita dari aksi peniruan dan penjiplakan?
Jawabannya adalah tidak juga, script seperti ini tetap tidak akan bisa memblokir penglihatan orang-orang yang memang sudah geram untuk meniru karya anda, segala cara pasti akan dilakukannya agar bisa mendapatkan karya anda tanpa adanya izin dan tanpa kerja sama win-win solution (entah berupa royalti kepada anda).
Atau bisa juga plagiator memakai teknik screenshot lalu mengubahnya menjadi teks dengan aplikasi khusus. Akan selalu ada cara untuk mengakalinya, sehingga menyebabkan script anti copy paste yang anda dapatkan secara gratis di pencarian google menjadi tidak efisien dan tidak efektif untuk menanggulangi aksi pencurian konten.
Yang ada malahan jatuhnya script tersebut hanya bersifat menghambat dan mempersulit mereka, tidak sampai kepada pencegahan.
Bagai pisau bermata dua, script ini juga bisa menjadi boomerang kepada orang lain yang tidak berniat plagiat terhadap artikel anda. Pengunjung yang datang melihat konten anda dengan tujuan untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliahnya menjadi kesulitan dalam memblok dan mengcopy-paste tulisan di artikel anda, dan akhirnya mereka keluar dari blog anda lalu pergi ke situs lain yang tidak memakai script anti copas.
Ini dapat mengakibatkan persentase bounce rate blog anda meningkat.
Yang artinya banyak orang yang masuk ke blog anda namun keluar dalam waktu yang cepat. Selalu ingat bahwa kualitas dan lamanya waktu pengunjung menghabiskan waktu di blog anda juga menjadi indikator dalam SEO.
Ini juga tergantung kepada target dan pasar yang blog anda ingin incar, apakah visitor yang berasal dari mayoritas usia anak sekolah (SD-SMP-SMA) yang sedang mencari jawaban untuk tugas sekolah mereka. Jika benar anda adalah blog seperti itu, yang mana niche dan topik pembahasannya berhubungan dengan pelajaran sekolah dan ilmu pengetahuan umum maka kurang etislah jika memasang script anti copy paste.
Lagipula kemungkinan bahaya yang ditimbulkan dari pengunjung semacam ini sangatlah kecil atau bahkan hampir tidak ada, mereka lagi belum mengerti yang namanya website dan blogging, sehingga konten anda yang dicopas oleh anak sekolahan paling-paling hanya dipakai untuk file tugas di Microsoft Office Word dan dicetak menjadi kliping.
Jika anda masih merasa risau dan risih karena konten anda tidak punya perlindungan apa-apa, setidaknya masih ada cara-cara lain dalam melawan plagiarisme, memasang script anti copas bukan satu-satunya cara, masih ada satu lagi. Yakni dengan mendaftarkan blog dan konten artikel anda di DMCA (Digital Millennium Copyright Act).
Sehingga semua karya anda terlindungi dengan proteksi dari DMCA! Apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan DMCA? Jika ada blog yang ketahuan mengupload artikel plagiat, dan yang dia plagiatin adalah milik kita, karya kita. Kita bisa melaporkannya langsung melalui fitur yang ada di DMCA dan Google akan segera mengurusnya, dan jika memenuhi kategori-kategori plagiarisme, maka pihak Google akan langsung menghapusnya dari indeks penelusuran. Sehingga, artikelnya tidak akan bisa menghasilkan keuntungan, tidak bisa dilihat ataupun dibaca orang lain.
Sekian itulah alasan mengapa sebaiknya anda tidak perlu memasang script anti copy paste, dan lebih memilih menggunakan proteksi dari DMCA.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Alasan Tidak Memakai Script Anti Copy Paste Blog




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code