pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Cara Ampuh Mengusir Anak Tetangga yang Nakal

Nafisathallah • Umum • 9 Sep 2020 • 7 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Buat anda yang tinggal di kawasan padat penduduk, terutama di daerah perkotaan ataupun komplek perumahan. Tentunya kehidupan bertetangga dan bersosial adalah sebuah hal yang tidak dapat dihindarkan. Dalam hubungan antar sesama tetangga juga pasti sering terjadi pasang surut baik itu berupa keserasian antar warga maupun konflik juga tidak dapat dihindarkan.
Pastinya akan selalu ada saja ditemui keluarga yang bermasalah dan anak-anak tetangga yang nakal dan tidak bisa dibilangin. Anak-anak nakal ini akan masuk ke pekarangan rumah kita lalu menghancurkan semua barang properti milik kita, entah itu pot bunga, vas kaca, atau bisa saja burung peliharaan anda. Anak-anak semacam ini biasanya tidak memiliki etika dan sopan santun, terlebih lagi dari orang tua mereka kurang perhatian dan tidak diawasi dalam bermain.
Berikut adalah cara yang ampuh untuk memberikan pelajaran bagi anak-anak tetangga yang bandal dan nakal

1. Memberikannya Peringatan Pertama Berupa Nasihat dan Ceramah Panjang


Jika anda kebetulan berhasil memergoki anak itu sedang berbuat aneh-aneh di rumah anda, jangan langsung berteriak seperti orang gila. Sebisa mungkin jangan berteriak dan terlihat ingin memukul, soalnya anak-anak seperti ini dijamin akan lari jika melihat sesuatu yang bagi mereka menakutkan. Intinya jangan sampai anak itu lari sebelum anda bisa mendekatinya dan memberi tahunya secara baik-baik dan pelan, agar ia mengerti dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Yang harus diperhatikan adalah, anda harus dapat memberikannya pengertian yang sejelasnya mungkin bahwa merusak barang orang lain adalah sebuah kejahatan, dan membuat ia berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Untuk peringatan pertama, kita masih belum melapor ke orang tuanya.

2. Ancam Anak Tersebut Bakalan Dilapor ke Orang Tuanya


Sudah kejadian dua kali, dan yang kedua kalinya ini anda bisa bertindak agak sedikit tegas dan keras dalam nada bicara, namun jangan sekali-kali anda sempat bermain fisik karena itu akan menyalahi hukum yang ada, dan luka fisik itu berbekas sehingga bisa dijadikan bukti untuk menuntut balik anda, atas kekerasan terhadap anak orang! Hati-hati loh. Inti dari peringatan kedua ini adalah anda harus terlihat serius dan tidak bermain-main, sehingga anak itu bisa lebih mengerti keadaan yang sebenarnya terjadi akibatnya. Saat peringatan kedua ini anda dapat mulai menggunakan ancaman orang tuanya jika dia masih mengulangi perbuatannya lagi.

3. Bertemu dengan Orang Tua si Anak dan Melaporkan Tindakannya


Tiga kali terjadi kejadian seperti ini, tidak ada perubahan, dan anda terus dirugikan maka anda harus bergerak ke langkah selanjutnya! Yakni dengan peran dari orang tua si anak itu sendiri, yang tentunya dapat menjadi jurus paling ampuh dalam mendidik anak nakal tadi. Namun yang harus anda perhatikan disini adalah sebisa mungkin anda sudah memiliki bukti entah itu berupa video atau foto anak tersebut kepergok melakukan pengrusakan di rumah anda. Karena banyak model orang tua yang mungkin terlalu memanjakan anaknya, lebih memilih untuk membela anaknya walaupun jelas-jelas dia salah. Maka dari itu yang anda perlukan disini adalah bukti yang kuat agar si orang tua anak tidak bisa mengelak dan membantah protes anda kepada mereka. Fungsi pelaporan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa yang harus mengajari anak ini soal etika dan sopan santun adalah kewajiban orang tuanya. Jika anak ini berandal dan nakal maka orang tuanya perlu dipertanyakan seperti apa bentuk didikan dan pola asuhnya.

4. Melaporkannya ke RT Setempat untuk Memediasi Masalah ini dengan Orang Tua si Anak dan Mencari Solusi Terbaik


Sudah lebih dari tiga kali! Dan anak itu terus saja melakukannya tanpa adanya tindakan yang kooperatif dari orang tuanya. Terlebih lagi sepertinya orang tuanya terlihat seperti melindungi anak nakal mereka. Maka sekarang anda sudah mulai bisa untuk memasukkan pihak ketiga dari luar yang sekiranya dapat menengahi permasalahan anda. Dengan adanya mediasi dari pihak ketiga yakni RT, juga dapat memberikan sinyal kepada orang tua sang anak jika anda tidak sedang bermain-main dan bukan model orang yang bisa diperlakukan seenaknya saja. Juga dengan pelaporan ke RT ini dapat memberikan efek gentar dan secara luas mempengaruhi reputasi keluarga si anak nakal tersebut, yang mana menodai nama baik dan kehormatan mereka sebagai orang tua yang tidak dapat mendidik anaknya.

5. Membawanya ke Jalur Hukum dan Meja Hijau di Persidangan


Dan untuk yang kelima kalinya anak itu masuk ke pekaranganku dan menghancurkan semua vas bunga keramik yang baru kubeli tadi pagi. Jika anda sudah geram dan tidak tahan lagi dengannya, eitts tunggu dulu! Saya tidak pernah bilang kepada anda untuk membunuhnya, ataupun memukulnya, atau bahkan hanya mencubitnya! Jangan pernah sekali-kali melakukan itu! Itu sangat tidaklah EPIC sobatku, aku tidak pernah mengajari kalian untuk melanggar hukum, namun justru kitalah yang memanfaatkan hukum itu sendiri. Tertuang jelas dalam Pasal 406-412 KUHP tindak pidana penghancuran properti mencakup :
1. Penghancuaran atau perusakan dalam bentuk pokok
2. Penghancuran atau perusakan ringan
3. Penghancuran atau perusakan bangunan jalan kereta api, telegraf, telepon dan listrik (sesuatu yang digunakan 4. untuk kepentingan umum)
5. atau perusakan tidak dengan sengaja
6. Penghancuran atau perusakan terhadap bangunan dan alat pelayaran
Itupun jika anda sudah terlalu geram dan merasa tidak dianggap oleh keluarga anak itu, dan terus menerus mengganggu ketentraman rumah anda, maka sudah saatnya untuk menunjukkan taring anda. Setidaknya yang saya tegaskan disini jangan sampai kita yang menjadi melanggar hukum, selalulah berada di sisi yang benar dalam hukum konstitusi di negara ini jika ingin main aman.
Sekian itulah tips, trik dan cara menghadapi anak tetangga yang nakal.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Ampuh Mengusir Anak Tetangga yang Nakal




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code