pinterduit blog logo Pinterduit.com

hasilkan uang dari menulis secara online







Home » Tanaman



Pengertian Blukutuk dalam Pertanian dan Peternakan

Nafisathallah • Tanaman • 20 Sep 2020 • 26 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Istilah air blukutuk atau yang disebut juga sebagai air aerasi sering dibahas di grup pertanian di Facebook seperti grup Pertanusa FB.

Apa itu Air Blukutuk?



Pengertian secara umum dari blukutuk adalah air yang ditambahkan oksigen terlarut. Jadi pada dasarnya kandungan oksigen di air harus banyak. Istilah lainnya untuk menyebutnya adalah air aerasi karena memang dalam proses pembuatannya memerlukan mesin aerator seperti pada alat bantu oksigen di aquarium ikan hias.

Manfaat Air Aerasi / Blukutuk


Oksigen merupakan unsur yang penting bagi makhluk hidup sekalipun itu tanaman. Walaupun tanaman yang katanya sebagai sumber penghasil oksigen, nyatanya mereka juga memerlukan asupan oksigen, maka dari itu fungsi blukutuk sebagai suplemen instan untuk memenuhi kebutuhan oksigen tanaman.
Begitu juga di sektor perikanan dan peternakan, blukutuk juga dapat digunakan untuk air minum ayam ternak ataupun untuk menjaga kadar oksigen di tambak atau kolam air bagi ikan.
Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman ataupun hewan dengan menambah asupan oksigen melalui minumannya.
Selain pertumbuhan, pada dasarnya oksigen terlarut pada air juga berfungsi untuk membunuh cacing nematoda yang ada di tanah dan dapat merusak akar tanaman, jadi diharapkan dengan menyiramnya dengan blukutuk dapat membunuh hama-hama mikroskopis tersebut. Sifat nematoda yang senang tinggal di tanah yang miskin oksigen membuatnya akan mati saat disiran blukutuk.

Cara Membuat Blukutuk


Melarutkan oksigen kedalam air juga bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni dengan cara kimia ataupun fisika. Secara garis besarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan kadar oksigen terlarut di air, yakni dengan menggunakan bantuan senyawa kimia hidrogen peroksida (H2O2) atau menggunakan micronano bubble mini aerator seperti di aquarium ikan hias.

Cara Fisika Menggunakan Aerator Airstone/Bubbler Aquarium


Cara pertama yang digunakan memerlukan alat bantu seperti aerator aquarium ataupun pompa yang dapat memompa udara menuju selang yang terhubung pada airstone. Airstone (batu udara) sendiri adalah batu khusus yang memiliki pori-pori super kecil/micronano sehingga dapat menghasilkan gelembung-gelembung halus yang banyak saat ditiup udara. Intinya pembuatan air blukutuk yang satu ini sama dengan air yang ada untuk air di aquarium ikan hias.

Cara Kimia Menggunakan Hidrogen Peroksida (H2O2)


H2O2 adalah jalan pintas untuk menambahkan pasokan oksigen terlarut pada air. Penggunaan bahan kimia ini tentunya harus terukur dan menggunakan perhitungan yang tepat dan tidak boleh asal-asalan. Maka dari itu sangat tidak disarankan untuk memberikan air blukutuk dengan cara pembuatan kimia kepada hewan seperti ikan ataupun unggas karena mereka lebih sensitif. Kalau untuk tumbuhan dan tanaman mungkin lebih cocok.
Sekian inilah penjelasan mengenai apa itu blukutuk atau air aerasi dalam sektor pertanian, peternakan, ataupun perikanan.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Pengertian Blukutuk dalam Pertanian dan Peternakan





Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code