pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Bisnis



Permainan Kekayaan Menurut Levelnya

Nafisathallah • Bisnis • 9 Sep 2020 • 13 Dilihat




Pinterduit.com - Dalam kehidupan ekonomi, sistem keuangan yang ada di rumah tangga kita ini sama halnya seperti permainan game, terdapat tingkatan-tingkatannya sesuai level.

Berikut Tingkatan Permainan Kekayaan Dalam Mengelola Urusan Keuangan Rumah Tangga


Ada 4 level dalam mengatur kehidupan finansial anda, yakni sebagai berikut akan saya jabarkan dengan simpel, padat, dan jelas!

Level 1


Pada level pertama, atau diawal-awal masih pemula dalam membangun perencanaan keuangan yang sehat. Anda harus memulai untuk berusaha sekeras mungkin melunasi dan menghilangkan semua hutang yang dimiliki, setidaknya hutang-hutang yang beresiko dan jangka pendek, sebisa mungkin anda harus melunasi mereka semua, entah dari bank, rentenir, atau bahkan teman anda sendiri juga mungkin keluarga yang pernah memberikan anda pinjaman dana. Lalu buatlah anggaran dan data-data pengeluaran yang se-efisien dan seperlunya mungkin yang memuat kebutuhan-kebutuhan pokok dan keperluan primer sesuai kondisi. Fokuslah pada apa yang anda miliki dan dengan segala cara yang bisa dilakukan tadi di level pertama.

Level 2


Carilah bidang yang memang merupakan minat anda yang mampu membuatmu lebih bergairah, dalam menjalankan pekerjaan demi mencukupi kebutuhan hidup di dunia ini. Tentunya mencari pekerjaan yang berhubungan dengan passion tidak melulu harus berupa hobi dan kesukaan, tetap jadikanlah hobi sebagai hobi dan pekerjaan sebagai pekerjaan, karena jika anda mulai menjadikan hobi sebagai pekerjaan, besar kemungkinan ada rasa mulai tidak menyukai dan tidak menikmati hobi itu lagi, karena yang namanya pekerjaan pasti ada pahit dan manisnya. Korbankan juga kesenangan dan kenyamanannmu untuk sementara waktu sedang berada di level 2 ini, memang dalam tahapan ini harus sakit-sakit dahulu, lalu baru bisa melangkah ke level berikutnya.

Level 3


Menabunglah dan simpan sebanyak mungkin aset yang bisa dihasilkan namun tetap jangan terlalu memaksakan diri sampai terlalu over, tetap harus melihat situasi dan kondisi. Namun tetap yang ditekankan di level 3 ini adalah menabung dan menyisihkan pendapatan untuk hari esok yang akan datang. Saran dari saya adalah jangan gunakan uang sisa dari pendapatan gaji bulanan untuk ditabung sebagai simpanan, melainkan sisihkan sebagian uang diawal bulan (baru gajian) untuk memang benar-benar disimpan. Minimalkan pengeluaran, dengan semakin mempersempit lubang pengeluaran maka anda semakin punya banyak uang untuk menabung dan semakin lebih bisa memilah-milah mana yang sebenarnya kebutuhan dan yang mana sebenarnya keinginan. Dengan ini diharapkan kita bisa lebih menghargai uang dari hasil kerja keras kita.

Level 4


Mulailah untuk mencari pendapatan pasif / passive income dengan cara berinvestasi ke usaha-usaha dan tempat yang menjanjikan. Untuk awal-awal tentunya sebagai amatiran kita harus dapat lebih berhati-hati dan mencari relasi dari kenalan sebanyak mungkin mengenai investasi. Menanam modal juga harus memperhatikan tempatnya dan keamanan dalam sisi legalitas, yang mana jika di negara kita patokannya adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam menilai sebuah lembaga atau instansi aman atau tidak. Anda bisa mulai dengan low risk low return ataupun high risk high return dalam berinvestasi itu semua pilihan anda, tergantung pada preferensi anda lebih suka yang mana, kalau saya sendiri jujur lebih suka low risk low return, karena lebih terjamin namun ya itu kekurangannya sedikit keuntungannya. Pada intinya tahapan keempat ini adalah untuk membuka peluang pendapatan sebanyak-banyaknya, dengan menciptakan beberapa sumber pendapatan.
Sekian inilah tingkatan perencanaan finansial menurut level kekayaan yang ada dalam sebuah permainan game bernama kehidupan.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Permainan Kekayaan Menurut Levelnya




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code