pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Hewan



Soa-Soa Layar - Reptil Mirip Spinosaurus

Nafisathallah • Hewan • 30 Aug 2020 • 42 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Reptil endemik asal pulau Sulawesi ini sekilas mirip dengan binatang purbakala seperti dinosaurus.

Dinosaurus zaman modern yang masih hidup di Indonesia


Tidak hanya reptil raksasa asal pulau Flores, kadal komodo, yang sering disebut-sebut orang awam sebagai hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Kadal soa-soa layar juga tidak luput dari anggapan publik mengenai binatang zaman dulu karena bentuknya mirip dengan spinosaurus. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar karena soa-soa layar dan dinosaurus sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatan.

Soa-Soa Layar Bukanlah Makhluk Purba dan Bukan Pula Dinosaurus


Justru dinosaurus yang ada di zaman dulu memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan unggas di masa modern ini. Atau jika kita perbaiki lagi kata-katanya, burung pipit yang ada diatas atap rumah anda sekarang ini termasuk salah satu avian-dinosaurus. Dalam taksonomi pun, antara bangsa reptil dan unggas hanya terhubung di klad Sauropsida. Kadal ini juga bukan makhluk purba yang sudah berjuta-juta tahun ada di nusantara, dia sama saja dengan kadal lainnya seperti biawak dan iguana, hanya saja soa-soa lebih banyak menghabiskan waktu di air karena habitatnya disekitaran sungai dan danau, yang mengindikasikan bahwa kadal ini memiliki kehidupan amfibi. Soa-soa juga diketahui dapat ditemukan diluar kepulauan Indonesia seperti Filiphina dan Papua Nugini.

Kemiripan Soa-Soa Layar dengan Dinosaurus Jenis Spinosaurus


Lalu, jika ditinjau secara ilmiah kadal soa-soa tidak memiliki hubungan dengan dino, apa yang menyebabkan publik khususnya masyarakat awam berpikir demikian? Memang jika kita lihat secara penampilan, soa-soa memiliki kemiripan dengan dinosaurus akuatik bernama Spinosaurus aegyptiacus. Hal yang paling mencolok dari mereka berdua adalah morfologi bentuk mereka berdua yang sama-sama memiliki layar. Hanya saja bedanya jika spinosaurus memiliki layar di punggung maka soa-soa memiliki layar di ekornya sebagai alat bantu berenang karena yang kita ketahui jika dia adalah akuatik.
Berhubungan dengan habitatnya, spinosaurus juga sama halnya tinggal di habitat yang banyak perairannya dan hidup secara akuatik. Dan penelitian terbaru menemukan bahwa ekor milik dinosaurus tersebut ternyata juga memiliki semacam dayung untuk menciptakan gaya dorong kedepan saat berenang. Inilah persamaan antara mereka berdua :

1. Memiliki Habitat disekitar perairan dan lahan basah


2. Memiliki layar yang menjadi ciri khas pada tubuhnya


3. Hidup secara semi-akuatik


4. Memakan ikan dan makhluk air lainnya



Sekian inilah isi artikel pembahasan saya mengenai dua makhluk hidup yang sering disangka hubungannya sebagai spesies yang terikat, padahal sebenarnya tidak, karena mereka hanya kebetulan memiliki bentuk tubuh (morfologi) yang sama akibat evolusi konvergen.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Soa-Soa Layar - Reptil Mirip Spinosaurus




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code