pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Blogger



Strategi untuk Blogger Pemula di Tahun 2020

Nafisathallah • Blogger • 19 Aug 2020 • 51 Dilihat • publish




Pinterduit.com -

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Para Blogger di Tahun 2020



Seperti yang kita semua dapat ketahui, jika dunia ini semakin lama semakin menuju kepada kemajuan. Baik itu di bidang medis, teknologi, pertanian, bidang apapun itu yang berguna bagi hidup manusia, termasuk dalam hal ini bidang digital dan dunia virtual internet.

Dalam hal ini bidang yang sedang kita bahas tentulah berhubungan dengan dunia blogging dan tulis menulis artikel online di Internet. Semakin tahun ke tahun, jumlah pemakai internet terus bertambah, yang diiringi dengan jumlah pengiklan dan advertiser yang semakin meningkat pula dengan modal budget yang tidak main-main.

Baru mulailah kenaikan para user internet dan pengiklan tadi, memancing pertumbuhan konten kreator dan para blogger yang tergiur untuk mencari keuntungan dan mengais pundi-pundi dollar dari iklan yang tayang dan dilihat oleh visitor/pengunjung di blog mereka.

Berarti bila tiap tahun pengguna internet dan jumlah perusahaan yang mengiklankan produk mereka semakin bertambah itu adalah hal yang tidak bisa kita pungkiri kebenarannya, itu sama halnya dengan semakin banyak blogger yang bermain dan semakin ketatnya persaingan sebagai sebuah fakta yang tidak bisa diganggu gugat.

Di tahun 2020 ini, diakibatkan karena terjadinya wabah pandemi yang dampaknya meliputi skala global, tentu pastinya membuat orang lebih banyak meluangkan waktunya dengan berselancar di internet dan aktivitas-aktivitas berdiam diri di rumah lainnya akibat dari pemberlakuan physical distancing oleh pemerintah sebagai sarana untuk mengurangi jumlah individu yang terjangkit wabah.

Tentunya jika kita berpikir secara logika, semakin banyak orang bermain di internet, semakin banyak siswa yang sekolah daring dari rumah dan memakai internet untuk mencari jawaban dan belajar, maka semakin banyak peluang dan keuntungan dong bagi para blogger di internet, iya ngak?

Pemikiran semacam itu memang benar, namun apa iya bagi semua blogger? Apa tidak terlalu naif jika kita tidak membaginya lagi menjadi blogger pemula dan blogger senior, tentunya yang benar-benar secara signifikan merasakan keuntungan tersebut hanyalah blogger lama yang sudah punya nama dan rank blognya di mesin penelusuran Google.

Anda salah besar jika anda baru bergerak dan mencoba menjadi blogger di awal-awal tahun 2020 ini, memang benar tidak ada kata terlambat untuk memulai apapun, namun tentunya usaha yang harus anda keluarkan agar bisa setara dengan pendahulu-pendahulu blogger lainnya yang sudah lebih duluan tentunya akan sangat jauh berbeda atau bahkan sudah persis sekali tidak sama.

Taktik dan Strategi Dalam Blogging di Tahun 2020



Cara yang dipakai para blogger lama dalam membangun blog dan websitenya di tahun 2012-2015 tidak bisa disamakan dengan cara membangun blog hingga sampai top one halaman pencarian Google di tahun sekarang atau setidaknya sampai beberapa tahun kedepannya.

Jika dulu membangun blog sangatlah mudah karena saingan dan kompetitor masihlah sedikit dan niche yang ada pun masih banyak yang kosong, lalu jika dulu membangun blog semuanya bisa secara gratis dan tetap mendapat rank yang baik di penelusuran walaupun hanya dengan domain blogspot.com atau wordpress.com, jika sekarang jangan pernah mindset dan pemikiran seperti itu masih ada lagi di dunia yang sudah serba digital ini.

Algoritma akan berubah setiap waktu tanpa adanya pemberitahuan, SEO dan segala hal-hal semacam itu pada akhirnya akan mengalahkan kualitas dan isi konten jika kamu mengunggah artikelnya di sebuah blog yang bahkan Domain Authority-nya masih 0.

2020 bukanlah tahun yang baik dan bagus untuk memulai dari awal suatu blog, namun tahun ini adalah tahun bagi mereka yang sebelum-sebelumnya sudah menabur benih untuk menikmati hasil panen dan buah kematangan hasil jerih payahnya selama bertahun-tahun belakangan.

Maka dari itu, strategi yang paling ampuh bagi blogger newbie yang ingin memulai bisnis dan usaha ngeblog-nya, entah mungkin ada yang ingin menjadikannya sebagai sumber pendapatan, atau sebagian lagi ada yang menganggapnya hanya sebagai pemasukan tambahan, atau sekedar untuk membantu keuangan ditengah masa pandemi yang serba sulit ini.

Adalah dengan bekerja sama dan menjadi penulis dibawah blog orang lain yang sudah besar, selama masih menulis dan bekerja untuk blog orang lain yang sudah lebih senior dan lebih dipercaya google blognya, juga anda disitu mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam dunia blogging dan tulis menulis sambil memperkuat domain blog anda dengan cara backlink dan sebagainya yang sebenarnya bisa anda dapatkan secara gratis (tidak usah bayar).

Jadikan blog/portal media orang lain tersebut sebagai blog kedua milik anda, selama anda menulis artikel dan membuat konten disitu tetap jangan lupa dengan tujuan awal anda yakni untuk memperkuat blog pribadi anda.

Tidak masalah apakah anda menjadi bawahan atau penulis lepas di suatu blog besar yang ternama, entah itu digaji ataupun tidak, karena kita bukan mencari keuntungan sebesar-besarnya namun fokus kita adalah pengalaman dan backlink yang sangat berguna bagi blog kecil kita.

Berikanlah kontribusi terbaik anda kepada blog orang lain tersebut, dan menulislah dengan ikhlas dan tulus karena ini adalah win-win solution antara kamu dan pemilik blog, disatu sisi anda membutuhkan blog orang lain yang memiliki DA PA tinggi serta Rank di penelusuran agar artikel hasil tulisan anda dapat dibaca orang lain dan anda mendpaat backlink, komisi, atau apalah yang sesuai dengan persetujuan anda diawal.

Lalu pemilik blog mendapatkan konten dan artikel yang berkualitas dari kita, karena ini yang harus digarisbawahi dari Google saat ini, jika Google tidak melihat suatu artikel dari kualitas isinya, se-brilian apapun ide yang anda tuangkan di artikelmu, se-kritis apapun argumen yang anda masukkan kedalam tulisanmu, namun jika kau mem-publishnya di blog yang tidak punya rank, sama saja dengan sia-sia karena tidak ada yang bisa membacanya.

Sekali lagi saya garisbawahi jika tidak bisa dibaca bukan berarti tidak ada yang mau membaca, tidak bisa karena tidak ada yang menemukannya di mesin pencarian, tertimbun dengan konten-konten di blog besar lainnya.

Sebenarnya jika anda ingin mendapatkan backlink yang berkualitas dengan cepat dan tidak pakai repot anda bisa menggunakan jasa backlink dan bisa juga dari orang-orang yang menawarkan guest post dengan artikel dari pemilik blognya sendiri ya walaupun berbayar pastinya, jika itu sangat menguras kantong anda maka cara diatas sangatlah bisa dilakukan.

Yakni blog dan website besar yang bisa anda dengan gratis pakai untuk menulis dengan bebas adalah seperti Harustahu.info dan IDN Times yang jika setiap kali upload artikel bisa selalu mencapai page one di penelusuran Google.

Kapan Sebaiknya Anda Memulai Membuat Blog?



Memang benar tidak ada waktu yang terlambat untuk memulai suatu hal, namun ada waktu yang sangat bagus dan efisien untuk memulai suatu hal, jika saya sendiri mempunyai pemikiran bahwa waktu terbaik untuk menjadi blogger pemula yang baru benar-benar belajar dari dasarnya hanya dari internet secara otodidak, bahkan yang awalnya tidak tahu apa itu domain, adalah saat diri anda masih seorang pelajar dan masih belum memiliki kewajiban untuk mencari uang sendiri, yakni bisa dimulai saat masih duduk di bangku SMP, atau SMA, serta saat kuliah baru memulai pun itu masih dalam kategori bagus karena anda bisa blogging sembari mempelajari materi sekolah, hitung-hitung menyelam sambil minum air.

Jika kita memulai blogging di masa seperti itu, saat masih seorang pelajar, maka pemikiran kita tidak akan terlalu memperdulikan uang uang, adsense dan adsense, namun kita bisa lebih fokus dalam berkarya walaupun itu tidak menghasilkan pendapatan untuk sementara, namun jika ada pun itu hanya uang tambahan untuk kita jajan atau buat liburan.

Namun sebenarnya itu kembali lagi ke pribadi anda, jika anda masih ingin menghabiskan masa muda anda dengan terus bermain dan hanya bersenang-senang tanpa adanya kepikiran untuk mempelajari skill dan pengetahuan baru, itu normal tidak ada yang salah, dan jika anda mulai memikirkan masa depan anda dan mencoba pengetahuan dan hal-hal baru di usia yang seharusnya anda habiskan dengan senang-senang, namun anda malah menjatah dan meluangkan sebagian waktu anda itu untuk memperlajari sesuatu yang baru, maka anda lebih dari biasa!

Sekali lagi keputusan ada di tangan anda, dan ulasan saya mengenai strategi blogger pemula di tahun 2020 bukanlah sebagai sentimen pesimistis dan skeptis terhadap kemampuan diri sediri atau terhadap bidang blogger ini secara luasnya, namun lebih kepada realita yang terjadi dan agar anda bersiap untuk kemungkinan terburuk yang terjadi.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Strategi untuk Blogger Pemula di Tahun 2020




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code