pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Kesehatan



Waspada! Siswa Terlalu Lama Duduk saat KBM Daring

Nafisathallah • Kesehatan • 11 Sep 2020 • 25 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kondisi yang seperti ini karena pandemi wabah virus corona, mengharuskan para siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring dari rumah masing-masing.
Mulai dari siswa SD, SMP, SMA hingga para mahasiswa yang berada dijenjang perkualiahan juga tidak diizinkan untuk melaksanakan aktivitas di universitas.
Pemerintahpun juga menghimbau bagi sekolah yang berada di daerah terdampak zona merah penyebaran wabah Covid-19 untuk tidak melakukan tatap muka secara langsung.

Kegiatan Belajar Online di Rumah Mengakibatkan Duduk Terlalu Lama


Dengan semakin seringnya siswa menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di rumah entah itu karena PSBB ataupun sekolah online dari rumah masing-masing, menyebabkan anak-anak kita jadi kurang gerak dan terbatas dalam beraktivitas.
Terlebih lagi remaja masa kini sudah memiliki hiburannya sendiri seperti ponsel mereka dan menghabiskan waktunya untuk bermain game atau berselancar di internet.
Jika sebelumnya di hari-hari biasa sebelum adanya wabah, anak-anak masih melakukan aktivitas di luar ruangan dan menggerakkan tubuh mereka saat sekolah ataupun bermain bersama teman-temannya sehabis pelajaran.
Namun, saat wabah seperti ini tidak bisa lagi, dan mereka jadinya terpaksa menggantikan hiburannya dengan bermain ponsel pintar/ataupun PS dan PC mereka masing-masing, sehingga lebih banyak duduk dan rebahan di kamar.

Sering Duduk Terlalu Lama Tidak Baik Bagi Kesehatan Prostat


Duduk terlalu lama, kurang gerak, dan tidak adanya aktivitas fisik yang berarti dapat mengakibatkan kerusakan pada organ jika dilakukan dalam jangka waktu tertentu.
Terutama organ ginjal dan kantung kemih bagi pria. Tidak menutup kemungkinan bagi remaja seperti anak sekolahan juga mengalami beberapa gangguan kesehatan karena terlalu lama duduk.
Saya sendiri adalah contohnya, seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang memiliki pola hidup kurang sehat karena seharian hanya menghabiskan waktu-waktunya di depan laptop untuk kerja lepas di berbagai media online setelah menyelesaikan tugas-tugas pada mata pelajaran sekolah secara online.
Kurang lebih selama 7 bulan dari Februari hingga September saya menjalani kebiasaan buruk saya ini, ya mau tidak mau ini penyebabnya juga karena wabah virus corona yang membuat saya lupa untuk berolahraga.
Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang terjadi jika kita terlalu lama duduk selama KBM Daring di masa pandemi!

1. Sering Buang Air Kecil


Bukan tidak mungkin jika kelamaan duduk akan mengakibatkan frekuensi buang air kecil dalam sehari akan meningkat. Alasannya? Karena kurang beraktivitas, seperti lari dan lompat, membuat kekuatan otot prostat ( kandung kemih ) kita melemah dan longgar, sehingga tidak kuat untuk menampung urin dalam waktu yang lama seperti biasanya. Saya sendiri selama pandemi bisa saja buang air kecil sampai 7 kali. Rentang waktu antara pipis saya yang pertama dengan yang kedua jadi semakin cepat selama pandemi ini.

2. Nyeri saat Buang Air Kecil


Jika saya jadi sering sesak kencing saat pandemi ini, mungkin tidak terlalu masalahlah, apalagi buang air kecil dapat menjadi cara detoksifikasi / pembuangan racun dari dalam tubuh secara alami melalui zat pembuangan ekskresi seperti urin dan keringat. Namun yang menjadi masalah adalah jika setiap anda kencing akan terasa ngilu dan nyeri pada kandung kemih anda yang terlalu sering membuka tutup untuk mengeluarkan cairan.

3. Resiko Kanker Prostat Meningkat


Peneliti dari Swedia mengatakan bahwa pria yang sering dan menghabiskan waktu lama dengan duduk, beresiko 30% lebih tinggi mengalami kanker prostat.
Yang mana ini menyasar para pekerja kantoran yang lebih banyak duduk di kursi kantor mereka, daripada pekerja lapangan yang bergerak kesana-kemari di TKP, hanya beresiko sebesar 20%.

Cara Mengatasi Keseringan Buang Air selama Pandemi


Anda mengalami masalah yang sama seperti saya diatas? Tidak usah khawatir! karena saya akan memberikan solusi bagi anda yang banyak buang air kecil selama di belajar online ini.

1. Kurangi Minum Air Putih yang Berlebihan


Karena kita sering berada di rumah, sehingga akses kita untuk minum menjadi semakin lebih banyak daripada di luar rumah. Ini juga kurang baik jika terus menerus minum dalam porsi dan waktu yang tidak teratur, karena akan bermasalah pada ginjal. Untuk bisa mengurangi frekuensi air kencing anda, simpel saja! Kurangi minum anda, namun juga jangan terlalu over.

2. Kurangi Minuman yang mengandung Kafein


Minuman seperti kopi dan teh yang mengandung kafein diyakini dapat menjadi penyebab kenapa anda jadi sering kencing. Ini karena kafein memberikan efek diuretik pada ginjal, yang mana akan menyebabkan produksi urin menjadi meningkat.
Kafein membuat lebih banyak darah dipompa menuju ginjal yang mana juga mempengaruhi kondisi cairan dalam tubuh.

3. Melakukan Aktivitas Fisik Ringan Dalam Ruangan


Anda bisa memulainya dengan jalan-jalan sekeliling ruangan rumah, dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersih-bersih perabotan rumah sebagai pemulaan.
Lalu jika ingin lebih ekstrim anda bisa mencoba senam kegel, namun tentunya dengan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni tentang senam tersebut.
Pada intinya anda tidak boleh duduk diam dalam seharian, harus ada aktivitas berdiri atau bergeraknya yang signifikan!

4. Melatih Kandung Kemih dengan Bladder Retraining


Bladder Retraining atau latihan kandung kemih adalah salah satu bentuk terapi untuk meningkatkan kapasitas urin yang dapat ditampung dan memperpanjang durasi buang air kecil selanjutnya anda.
Cara dan tekniknya gampang saja, anda melatih target secara perlahan untuk menahan rasa ingin buang air anda batas waktu yang ditentukan dengan teknik penekanan dan pendorongan.
Sekian inilah isi artikel mengenai bahaya yang mengintai bagi siswa yang terlalu lama duduk saat belajar online di rumah.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Waspada! Siswa Terlalu Lama Duduk saat KBM Daring




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code