pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Kesehatan



6 Tanda Kamu Mengalami Kesehatan Mental yang Buruk

noctural • Kesehatan • 27 Aug 2020 • 52 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Coba perhatikan dalam dirimu sendiri!
Kesehatan mental sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan manusia. Dengan kesehatan mental yang baik, seseorang dapat mengelola perasaan dan kebahagian dalam dirinya. Sayangnya, banyak orang yang terlalu fokus dalam menjaga kesehatan fisiknya, hingga lupa untuk menjaga kesehatan mentalnya.
Padahal, setiap harinya manusia mengalami beberapa konflik yang dapat memicu beragam perasaan dalam dirinya, baik senang, bahagia, sedih, tertekan, kecewa, maupun takut. Setiap konflik dipersepsikan dan diselesaikan dengan cara yang berbeda-beda. Namun, jika suatu konflik dibiarkan saja akan menimbulkan masalah yang lebih serius, bahkan dapat mengganggu kesehatan mental seseorang.
Kamu harus menjaga kesehatan mentalmu agar senantiasa bahagia. Namun sebelumnya, kamu harus mengenali tanda-tanda bahwa kamu mengalami kesehatan mental yang buruk.
Berikut 6 tanda bahwa kamu memiliki kesehatan mental yang buruk. Yuk, simak!

Terlalu keras dengan diri sendiri


Setiap orang memiliki mimpi yang ingin diwujudkan. Bekerja keras untuk mencapai impian memang tidak ada salahnya, karena impian memang harus diperjuangkan. Namun, kamu harus ingat bahwa manusia tetaplah manusia yang membutuhkan istirahat. Kamu tidak perlu memaksakan sesuatu dengan sangat keras, hingga lupa dengan diri sendiri. Bekerjalah semampunya dan beristirahatlah dengan cukup.

Berusaha menyenangkan semua orang


Banyak orang yang berusaha ingin menyenangkan semua orang dengan melakukan hal-hal yang diminta orang lain. Mereka lebih mendahulukan orang lain dibandingkan dengan diri mereka sendiri. Mereka akan merasa bahagia saat orang lain menyetujui tindakannya dan bahagia dengan perlakuannya.
Namun tahukah kamu, bahwa kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Apa yang kita lakukan tidak selamanya akan dipandang baik di hadapan orang lain. Jika orang lain tidak menghargaimu, kamu akan mudah tertekan dan merasa kelelahan dengan sikapmu sendiri.

Senantiasa berbicara negatif dengan diri sendiri


Setiap manusia memiliki keunikannya sendiri. Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap orang memiliki pengalaman dan kehidupan sosial yang berbeda. Kamu hanya perlu menerima kekurangan yang kamu miliki dan belajar mencintai diri sendiri, dengan tidak berbicara negatif kepada diri sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna dan kamu tidak perlu mengejar kesempurnaan.

Hidup penuh drama


Permasalahan datang silih berganti, tidak perlu dilebih-lebihkan dan dibesar-besarkan. Ada baiknya apabila kamu dengan rendah diri mulai menerima dengan lapang dada dan memaafkan dengan besar hati. Mendramatisir keadaan akan membuat kehidupan makin sulit dan kamu akan dipenuhi dengan keadaan emosional yang tinggi, sehingga diri sendiri menjadi tidak tenang dan dipenuhi sifat negatif.

Tidak mempercayai diri sendiri


Tidak percaya diri merupakan keadaan di mana tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki, merasa bahwa diri sendiri tidak memiliki kapasitas yang untuk untuk melakukan sesuatu. Sikap tidak percaya diri yang berlebihan dapat membuat seseorang takut jika tidak mendapat penerimaan dari orang lain, bahkan dapat berujung pada keputusasaan terhadap hidup.
Setiap orang dibekali dengan kemampuan alamiah sejak lahir. Kamu hanya perlu mengasahnya dengan baik dan menjadikannya sebagai kelebihan yang bisa digunakan sebagai senjata. Keyakinan akan kemampuanmu akan membawa pada hal-hal positif dan mendorongmu menjadi lebih baik.

Tahu berbuat salah, tetapi masih dilakukan


Manusia memang tidak luput dari kesalahan. Namun, bukan berarti kesalahan dapat ditolerir begitu saja. Ketika melakukan kesalahan, hendaknya introspeksi diri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun, berapa banyak orang yang menyadari kesalahannya? Bahkan ada orang yang tahu berbuat salah, tetapi masih saja dilakukan.
Jika kamu merasa ada yang salah, itu merupakan tanda bahwa kamu harus menghentikan perbuatanmu. Membiarkan kesalahan dan mengulang kesalahan yang sama dapat melukai diri sendiri. Kamu tidak perlu mempertahankan perilaku yang dapat membuat hidupmu makin menderita.
Setelah membaca paparan di atas, apakah kamu menemukan tanda-tanda bahwa kamu memiliki kesehatan mental yang buruk? Jika iya, jangan abaikan begitu saja. Segera konsultasikan dengan psikiater agar mentalmu kembali sehat.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 6 Tanda Kamu Mengalami Kesehatan Mental yang Buruk




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code