pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Peluang Bisnis Food Truck Ala Amerika, Apa Cocok Diterapkan Di Indonesia

ERNDT • Umum • 14 Apr 2020 • 45 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Salah satu style bisnis street food di Amerika sana ialah food truck. Food truck layaknya warung tenda di pinggir jalan yang biasa kita temui di Indonesia namun bedanya food truck ini menggunakan media sebuah truck yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga seperti sebuah dapur berjalan.

Bicara food truck tentu tak lepas dari budaya kuliner jalanan di Amerika. Dan bahkan justru banyak pemilik food truck merupakan pendatang seperti dari Indonesia , Taiwan dsb.

Menu yang disediakan setiap food truck sangat beragam, mulai hamburger, kentang goreng, ayam goreng, taco, es krim bahkan ada juga loh food truck yang digunakan bukan untuk jualan makanan tapi untuk digunakan sebagai salon kecantikan, barber berjalan.

Kelebihan dari food truck ini adalah kita berpindah lokasi agar lebih menemukam lokasi yang strategis misalnya saat ada event tertentu seperti konser, festival dsb.

Setiap food truck membuat branding mereka sendiri, truck dicat warna warni dan dengan nama brand masing masing seperti roxy,tot boss,mixedup dan banyak lagi.

Namun kendala yang dihadapi para pemilik food truck adalah fee atau komisi untuk broker / pialang lokasi. Tentu saja kita tidak bisa parkir disembarang tempat tanpa mengantongi izin dari yang punya kuasa atas lahan tersebut. Itulah yang dikeluhkan para pemilik food truck , mereka harus membayar 10% sampai 40% kepada broker lahan tempat food truck berjualan.

Kendala lain yang dihadapi food truck adalah pasokan listrik dan air bersih, jika beruntung mereka bisa mendapat pasokan listrik dan air dari rumah sekitaran tempat mereka berjualan namun jika tidak mereka harus menggunakan generator dan tandon air.

Bahkan biasanya mereka menggunakan 2 truck, satunya sebagai dapur dan satunya lagi sebagai storage, dan power generator.

Bagaimana tertarik menerapkan bisnia kuliner ini di Indonesia ? saya sendiri pernah melihat ada beberapa adopsi food truck di Indonesia namun tidak menggunakan truck besar seukuran di Amerika, mereka menggunakan sebuah carry untuk jualan es krim, ayam goreng dan gula kapas.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Peluang Bisnis Food Truck Ala Amerika, Apa Cocok Diterapkan Di Indonesia




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code