pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Keuangan



Pengertian IPO Saham

ERNDT • Keuangan • 1 Aug 2020 • 1,271 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian IPO saham (initial public offering), penyebab perusahaan melakukan IPO, manfaat yang didapat setelah melakukan IPO dan langkah langkah perusahaan dalam melakukan IPO dan lainnya. Apakah anda sering mendengar kata IPO , sebenarnya apa sih IPO saham itu ?



PENGERTIAN IPO SAHAM

IPO adalah kepanjangan dari bahasa inggris Initial Public Offering yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah Penawaran Saham Perdana, karena suatu alasan sebuah perusahaan ingin menjual sahamnya kepada publik dan mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia untuk mendapatkan tambahan pendanaan dan mempercepat ekspansi perusahan, penawaran perdana pertama kali inilah yang disebut dengan IPO, sehingga sebuah perusahaan bukan lagi milik perorangan, golongan atau pribadi namun menjadi perusahaan yang go publik atau terbuka dan di belakang nama PT ditambah dengan title Tbk (terbuka).


APA ALASAN PERUSAHAAN MELAKUKAN IPO

Ada banyak alasan sebuah perusahaan melakukan IPO, beberapa di antaranya bukan karena alasan yang buruk seperti perusahaan sedang sekarat dan membutuhkan dana tambahan bisa jadi sebuah perusahaan melakukan IPO agar perusahaan tersebut menjadi cepat maju dan berkembang. Berikut ini adalah beberapa alasan sebuah perusahaan melakukan IPO saham dan menjadi perusahaan yang Go Public.




Mendapatkan Tambahan Dana Segar Dengan Murah

Misalnya jika sebuah perusahaan membutuhkan suntikan dana untuk melakukan ekspansi bisnis dan pengembangan. Ada beberapa cara diantaranya adalah menerbitkan obligasi dan meminjam uang dari bank. Cara ini merupakan pilihan yang berat karena perusahaan mempunyai kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjaman ditambah dengan bunga. Maka dari itu ada solusi yang lain untuk mendapatkan dana tambahan yaitu dengan melakukan IPO saham perusahaan tersebut ke publik tanpa harus terbebani dengan bunga.




Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Dengan melakukan IPO maka reputasi perusahaan akan naik. Karena tidak sembarang perusahaan dapat melakukan IPO dan harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya adalah data keuangan harus dibuka dan berbagi dengan pihak ketiga. Berbeda dengan perusahaan yang masih kecil dan private tidak mau IPO maka banyak beberapa orang dapat beropini bahwa perusahaan tersebut tidak berani membuka data keuangan nya karena masih kacau dan rugi.



Mempercepat Pertumbuhan Dan Ekspansi Perusahaan

Dengan melakukan IPO menjual sahamnya ke publik maka perusahaan akan mendapatkan tambahan dana segar yang dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan dan ekspansi perusahaan. Contoh sederhananya jika sebelumnya perusahaan hanya punya 1 mesin namun setelah melakukan IPO menjual sahamnya ke publik maka perusahaan mempunyai tambahan uang untuk menambah unit mesin lagi menjadi punya 2 mesin dan hasil produksi naik 2x lipat yang sebelumnya hanya mampu memproduksi barang 100 unit per hari menjadi 200 unit per hari. Otomatis laba perusahaan juga meningkat karena mampu menjual lebih banyak hasil produksi.



KELEBIHAN MEMBELI SAHAM IPO

Berikut ini adalah beberapa kelebihan jika anda membeli saham IPO.


Potensi Profit Besar

Jika perusahaan tersebut punya fundamental bagus maka anda akan punya potensi dapat keuntungan besar jika harganya sedang mengalami trend bullish


Harga Masih Murah

Biasanya saham yang sedang IPO harga nya cenderung masih murah, dan ini kesempatan bagus untuk anda dapat membeli saham dengan harga murah.


Analisa Lebih Sederhana

Karena menganalisa saham IPO termasuk lebih sederhana karena sebatas pada animo masyarakat saja berbeda dengan saham di Bursa Efek yang lebih kompleks.
Tidak Pusing Menentukan Harga

Pada saat IPO harga sudah ditentukan sehingga tidak perlu menentukan sendiri pada harga berapa kita akan membeli saham.



KELEMAHAN MEMBELI SAHAM IPO

Berikut ini adalah beberapa kelemahan membeli saham IPO


Jatah Lot Terbatas

Dalam IPO jumlah saham atau lot yang dilepas ke pasar sudah ditentukan dan jumlahnya dibatasi karena jatah lot ditentukan oleh penerbit bukan oleh pembeli. Contohnya jatah max hanya 2 lot maka anda tidak bisa membeli 100 lot sesuka hati.

Harus Menunggu 1 Minggu

Anda harus menunggu selama 1 minggu jika akan melakukan penarikan dana (withdrawal) karena ada peraturan anda harus menunggu selama seminggu

Resiko Saham Tidur

Ada saham yang baru IPO 1 hari harga nya langsung naik 10-30% dan ada juga yang hanya akan menjadi saham bodong atau saham tidur. Saham yang hampir tidak mempunyai volume transaksi atau saham tidak likuid.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Pengertian IPO Saham




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code