pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home »



Pengertian CPM, CPC, CPA, CPS dll

ERNDT • • 11 Sep 2020 • 94 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada artikel ini saya akan membahas penjelasan dan definisi dari istilah istilah dalam dunia advertising atau periklanan. Yang akan berguna saat anda menjadi publisher atau advertiser.

Berikut ini adalah kamus istilah dalam dunia advertising.

Ads Network

Ads network jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah jaringan periklanan. Ads network adalah sebutan untuk perusahaan yang mempertemukan antara publisher dengan advertiser. Contoh ads network adalah Google Adsense, Adnow, Adsterra, MGID dan sebagainya.

Publisher

Publisher adalah sebutan untuk orang yang menyediakan tempat untuk penempatan kode iklan. Contoh publisher adalah para pemilik blog seperti mastimon, juragancipir, maxmanroe dsb.

Advertiser

Advertiser adalah sebutan untuk pemilik bisnis yang memasang iklan di poublisher. Contoh advertiser adalah unilever, indosat ooredo, broker forex dll yang memasang iklan di publisher.


Campaign

Campaign artinya kampanye, dalam hal ini adalah kegiatan mempromosikan barang atau jasa (kegiatan memasang iklan melalui ads network) iklan dapat berupa banner, link, video, suara dll.


CPC / BPK/ PPC

Itu artinya semua sama saja CPC (cost per click) / BPK (biaya per klik)/ PPC (pay per click) adalah ukuran cara menghitung pembayaran iklan berdasar nilai 1 klik nya. Misalnya harga 1 klik iklan Rp. 1000 maka nilai CPC / BPK/ PPC nya adalah Rp. 1.000



CPM / BPS

CPM (cost per mile) /BPS (biaya per seribu) adalah hitungan harga pasang iklan berdasar 1000x dilihat. Jadi jika iklan tayang 1000x dan penghasilan anda Rp. 4.000 maka biaya CPM nya adalah Rp. 4000

CPA / CPL / CPD

CPA (cost per action) atau hal serupa lainnya cost per lead, cost per download adalah harga pasang iklan berdasar tindakan tertentu. Jika iklan hanya dilihat atau diklik saja kita tidak perlu keluar biaya. Kita hanya akan bayar setelah ada action atau tindakan seperti membeli, mendownload, mendaftar dsb.

CTR / RKT
click through ratio / rasio klik terhadap tayangan adalah perbandingan jumlah klik dengan tayangan dalam hitungan persen.

Misalnya iklan tayang 100x mendapat klik 2x maka CTR nya adalah 2% didapat dari hasil (2/100)x100 .
Rumus rkt adalah (klik/tayangan)x100





Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Pengertian CPM, CPC, CPA, CPS dll




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code