pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Game



Cara Memperbaiki Tombol Stick Ps2 Mati Nyala

ERNDT • Game • 27 Aug 2020 • 565 Dilihat




Pinterduit.com - Permasalahan umum yang sering terjadi dari stick ps2 salah satunya adalah tombol menjadi tidak responsive, kadang bisa dipencet kadang tidak bisa (nyala mati).

Apalagi jika memang umur stick ps2 sudah diatas 6 bulan. Stick ps2 yang beredar dan banyak dipakai di pasaran adalah ori TW elite yang PCB nya terbuat dari plastik, entah disengaja atau tidak sepertinya memang dibuat agar cepat rusak agar produsennya tetap bisa mendapatkan penghasilan dari playstation yaitu dari penjualan stick controller yang boros. Sama seperti penjualan printer, yang mahal itu catridge tintanya. Harga printer 500rb beli sekali dipakai selamanya tapi harga catridge tintanya satunya harga 200rb dan ada 2 catridge. Mungkin itu juga maksud desain stick controller ps2 kw dibuat mudah rusak karena kalau beli console nya beli sekali bisa dipakai lama sekali.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi tombol stick controller ps2 yang tidak responsive adalah sebagai berikut.

KOTOR DAN BERDEBU

Penyebab yang paling ringan adalah karena pemakaian yang cukup lama, membuat debu dan keringat dari tangan pemain terakumulasi dan mengambat arus listrik. Cara mengatasinya adalah dibersihkan menggunakan alkohol dan cotton bud pada pcb nya.

PLAK PADA KARET KEYPAD

Penyebab kedua adalah karet keypad yang mengandung karbon tertutup oleh plak, semacam debu tadi atau jamur. Cara mengatasinya gosokkan bagian karet karbon keypad ke kertas, ini akan mengikis plak namun tidak mengikis permukaan karet sehingga tidak hilang lapisan karbonnya, karena kalau lapisan karbon hilang akan tambah rusak lagi dan perlu diganti yang baru.


LAPISAN KARBON PADA PCB PLASTIK AUS

Ini penyebab yang ketiga mengapa stick ps2 tidak responsive adalah dikarenakan lapisan karbon pada pcb plastik sudah aus. Lapisan karbon ini sangat penting karena tombol stick ps juga berfungsi sebagai semacam resistor dinamis. Saat kita memencet secara mengambang dengan memencet secara keras, input keluaran sinyal listriknya beda. Contohnya saat main bola, kalo ngeshoot pencet dikit ya pelan, kalau pencet kebanyakam terlalu keras maka tendangan juga ikut keras bahkan tidak terarah.

Cara memperbaikinya adalah dengan menambahkan carbon cair baru, jika sudah dilapisi karbon baru tetap tidak berhasil. Silahkan coba ganti pcb plastik nya dengan yanh baru.

PENYEBAB LAIN

Jika beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas sudah diatasi namun tidak mempan berarti ada penyebab lainnya misalkan korsletting atau ada ic yang rusak .



Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Memperbaiki Tombol Stick Ps2 Mati Nyala




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code