pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Pesawat TNI AU Bertype Hawk 209 Jatuh Saat Latihan Di Riau, Begini Kronologinya | 15 Juni 2020

ERNDT • Umum • 15 Jun 2020 • 38 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada hari ini Senin 15 Juni 2020 terjadi insiden kecelakaan pesawat tempur milik TNI AU di Riau. Jenis pesawat yang jatuh adalah Hawk 209 buatan Inggris yang mulai dioperasikan di Indonesia sekitar tahun 1997.

Pesawat ini jatuh seusai melaksanakan sesi latihan menembak. 3 pesawat beriringan pulang ke pangkalan namun pesawat di urutan ketiga ini tiba tiba saja terjadi sesuatu pada mesin menyebabkan pesawat kehilangan daya angkat.

Pilot berhasil selamat dengan melakukan bail out / ejection (kursi lontar). Beruntung juga dalam insiden ini tidak ada satupun korban jiwa dari warga sipil maupun pilot.


BAE Hawk 209 adalah sebuah pesawat tempur ringan multiperan yang digunakan sebagai pesawat latih tempur di Inggris , Indonesia, Malaysia Dan Australia sebelum pilot menggunakan pesawat tempur supersonik. Hawk 209 termasuk pesawat tempur generasi ke 4 yang dipersenjatai dengan rudal sidewinder AIM-9. Pesawat ini diproduksi oleh BAE System dan terbang perdana pada tahun 1974


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Pesawat TNI AU Bertype Hawk 209 Jatuh Saat Latihan Di Riau, Begini Kronologinya | 15 Juni 2020




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code