pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Resep Dan Cara Membuat Cilok Sendiri Di Rumah , Versi Cepat Dan Mudah Versi Eri Nurdiyanto

ERNDT • Umum • 5 Mar 2020 • 42 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Hujan hujan gini enaknya memang menikmati cilok yang kenyal dan pedas, tapi malam malam biasanya susah mencari penjual cilok yang jualan karena biasanya siang siang keliling, kalau malam penjualnya sudah istirahat. Pengen makan cilok malam malam ? buat aja sendiri di rumah, bahan dan cara membuatnya mudah dan murah. Cuma butuh 10 ribu rupiah sudah bisa menghasilkan cilok 15 porsi.

Berikut bahan dan cara membuat cilok rumahan yang mudah dan cepat.
Bahan bahan:
- 1/4 kg terigu / tepung gandum
- 1/4 kg tepung pati / tapioka / kanji
(perbandingam antara gandum dan tapioka 1:1 tapi kalo mau bereksperimen silahkan)
-2 siung bawang putih
- ketumbar secukupnya
- merica secukupnya
- garam secukupnya
- msg secukupnya
- masako / royco 2 bungkus
- daun sledri

Pertama haluskan dulu bumbunya yaitu
garam, bawang putih, ketumbar, merica, msg, masako diuleg, setelah halus taruh panci, kasi air 1 gelas, didihkan sebentar dan dinginkan. Pas masih hangat gunakan air bumbu ini untuk menguleni terigu dan tapioka, aduk sampai merata, jangan terlalu encer juga jangan terlalu keras. Tambahkan daun selederi yang diiris halus.

Setelah adonan siap, siapkan panci ukuran agak besar isi air setengahnya didihkan hingga mendidih. Nah saat mendidih ini posisi masih diatas kompor dan api tetap menyala, kecilkan sedikit apinya. Gunakan 2 buah cendok untuk mencetak cilok dan langsung dimasukkan ke air mendidih di dalam panci agar segera terbentuk bulat bulatan, setelah semua selesai, tunggu sebentar hingga matang dan cilok sudah siap dinikmati, angkat dan tiriskan cilok dan buat saos sesuai selera anda. Bisa memakai saus kacang, sambal kecap dsb.

Demikian resep dan cara membuat cilok tanpa ribet bulet buletin pake tangan yang yang susah dan bikin tangan kotor. Kalau pengen lebih enak lagi bisa bereksperiment dengan tambahan telur goreng yang diiris kecil kecil atau dengan irisan daging ayam.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Resep Dan Cara Membuat Cilok Sendiri Di Rumah , Versi Cepat Dan Mudah Versi Eri Nurdiyanto




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code