pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Bitcoin



Cara Membuat Paper Wallet Bitcoin

ERNDT • Bitcoin • 24 Sep 2020 • 90 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Berikut ini akan saya berikan tutorial step by step cara membuat paper wallet bitcoin.

Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang bersifat anonymous dan decentralized (tidak terpusat) sehingga tidak ada pemerintah negara manapun yang mampu mengotak atik saldo anda. Tidak seperti uang fiat (uang yang diedarkan pemerintah) dimana uang anda dapat disleding / dibekukan oleh pemerintah misalnya saat ketahuan transaksi daun singkong ngefly atau transaksi senjata api ilegal.

Sedangkan Paper Wallet bitcoin itu apa sih ? Paper wallet bitcoin adalah sebutan untuk wallet bitcoin offline (bukan di server / exchanger / pc) namun berbentuk kertas. Intinya hanyalah private key dan public key yang diprint pada sebuah kertas. Jika ingin mengirim bitcoin ke wallet tersebut kirim saja ke wallet adress nya atau scan qr code nya.

Berikut adalah step by step cara membuat paper wallet bitcoin

kunjungi website paper wallet generator atau bisa mengunduh dari github. Tapi untuk yang awam dunia IT langsung saja memakai yang online. ketikkam saja di google "paper wallet generator online" dan mungkin nanti akan ada beberapa website yang menyediakan layanan paper wallet generator. pilih saja yang bagus reputasinya, biasanya yang paling atas.

Setelah itu matikan internet, ini tujuannya hanya untuk jaga jaga siapa tahu komputer kita diam diam sudah terinfeksi virus yang dapat merekam/mencuri private key bitcoin wallet yang akan kita buat
akan lebih baik lagi jika sebelumnya kita sudah melakukan scan pc kita dengan antivirus terbaru.

Setelah itu mulai buat wallet, cukup ikuti instruksinya biasanya hanua disuruh menggerakkan cursor secara acak untuk membuay semacam string/salt acak. Setelah itu maka paper wallet sudah berhasil di generate dan bisa di print. Atau bisa juga anda simpan private key dan public key ke dalam flashdisk, bukan di internet (tapi kalau mau disimpan di internet juga gpp).

Tujuan membuat paper wallet ini adalah untuk meminimalkan peretasan karena wallet kita offline tidak terhubung internet dan hanya berupa kertas.

Anda dapat mengisi saldo berulang ulang melalui wallet address yang sudah dibuat.

Tapi awas simpan baik baik paper wallet ini karena jika hilang atau rusak. Private key tidak terbaca maka bitcoin anda akan hilang permanen dan tidak ada seorangpun yang dapat menggunakannya.

Untuk menggunakan saldo dari paper wallet . Misalnya ingin kirim ke wallet lain atau mengeluarkan saldonya. Maka kita harus menggunakan layanan bitcoim wallet online dan mengimpor private key. Setelah iti wallet anda menjadi online dan rawan terjadi peretasan.

Paper wallet tidak hanya untuk bitcoin, hampir semua altcoin bisa dibuatkan paper wallet seperti dogecoin.

Demikian cara membuat paper wallet bitcoin semoga bermanfaat.



Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Membuat Paper Wallet Bitcoin




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code