pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Umum



Strategi Marketing Killer : FITD (Foot In The Door) Yang Bikin Target Takluk

ERNDT • Umum • 4 Feb 2020 • 50 Dilihat




Pinterduit.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah strategi marketing yang sangat killer sekali yaitu FITD atau kepanjangangan dari Foot In The Door.

FITD (foot in the door) jika diartikan secara kiasan adalah mengganjal pintu dengan menggunakan kaki agar pintu dibuka dan tidak langsung dan tidak bisa ditutup oleh calon konsumen / pelanggan / target kita.

Yang dimaksud dengan FITD disini , kita meminta sesuatu yang lebih kecil sebagai jalan untuk meminta sesuatu yang lebih besar. Misalnya jika kita meminta iuran ke warga 100 ribu per bulan maka akan langsung ditolak, tapi jika kita meminta iuran 50 ribu dahulu besar kemungkinan akan mau, baru di kemudian hari ditingkatkan perlahan lahan. Ini hanya contoh saja.

Contoh riil lain bisa dilihat dalam politik, misalnya Jokowi sebelum mencalonkan diri menjadi presiden, secara tidak langsung meminta sesuatu yang kecil dulu sebagai walikota, lalu naik menjadi gubernur jakarta lalu naik lagi menjadi presiden. Jika langsung mencalonkan diri menjadi presiden besar kemungkinan untuk tidak diterima di hati rakyat.

Contoh lain di bidang marketing , kita memberikan atau menjual sampel dalam quantity kecil dulu sebelum menjual dalam jumlah besar. Calon pembeli akan mudah mau membeli jumlah kecil dulu daripada langsung menawarkan jumlah yang besar.

Tanpa sengaja mungkin kita adalah korban dari strategi marketing FITD ini dalam kehidupan sehari hari. Dikasi gratis dulu, diskon dulu lama lama gratis dan diskonannya dicabut.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Strategi Marketing Killer : FITD (Foot In The Door) Yang Bikin Target Takluk




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code