pinterduit blog logo Pinterduit.com

Dapatkan penghasilan dengan cara berkontribusi menulis artikel di situs ini







Home » Kuliner



Wajib Tau! Inilah 7 Simbol Pada Kemasan Plastik

Kuliner • 22 Aug 2020 • 21 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Dengan mengenal kode dan label pada kemasan plastik kita dapat menggunakan kemasan plastik dengan tepat dan meminimalisir dampak negatif plastik pada kesehatan maupun dampak pada lingkungan.

Setiap kemasan plastik, seharusnya memiliki kode atau label yang tertera dengan jelas. Biasanya terletak di bagian bawah kemasan plastik.

1. Tanda segitiga angka 1 = PETE atau PET

Simbol ini biasa dipakai buat botol plastik berwarna jernih atau transparan seperti botol air mineral dan hampir semua botol minuman lainnya. Botol jenis PETE atau PET ini seharusnya cuma sekali pakai.

Karena kalau terlalu sering dipakai, apalagi digunakan buat menyimpan air hangat atau panas, bakal bikin lapisan polimer di botol itu bakal meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu kanker dalam jangka panjang.

2. Tanda segitiga angka 2 = HDPE

HDPE adalah salah satu bahan plastik yang aman dipakai karena kemampuan buat mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE sama makanan atau minuman yang dikemasnya. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasiin cuma buat sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring berjalannya waktu.

3. Tanda segitiga angka 3 = V atau PVC

Plastik ini bisa ditemui di pembungkus (cling wrap) serta botol-botol. Reaksi yang terjadi antara pvc sama makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya buat kesehatan ginjal, hati dan juga berpengaruh ke berat badan. Maka sebisa mungkin hindari pemakaian plastik jenis ini dan sebaiknya cari alternatif pembungkus makanan lain.

4. Tanda segitiga angka 4 = LDPE

LDPE yaitu plastik tipe coklat (thermoplastic atau dibuat dari minyak bumi). Sifat mekanik jenis plastik LDPE ini kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaan agak berlemak. Pada suhu dibawah 60 derajat Celcius resisten banget sama senyawa kimia, daya proteksi ke uap air tergolong baik, tapi kurang baik buat gas-gas yang lainnya seperti oksigen.

5. Tanda segitiga angka 5 = PP

PP adalah bahan terbaik buat tempat makanan dan minuman karena lebih kuat, punya daya tembus terendah, ketahanan yang baik kelemak, dan stabil sama suhu tinggi. Ciri fisiknya adalah mengkilat, transparan tapi gak jernih atau berawan. Biasanya digunakan buat gelas plastik, tutup botol, botol susu, botol minuman, mainan anak dan lain sebagainya.

6. Tanda segitiga angka 6 = PS

PS adalah polimer aromatik yang bisa mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan waktu makanan itu bersentuhan. Bahan ini harus dihindari karena selain bahaya buat kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf, juga karena bahan ini sudah didaur ulang.

7. Tanda segitga angka 7 = Other

Plastik jenis PC bisa ditemui di botol susu bayi, sippy cup, botol minuman polikarbonat, termasuk kaleng susu formula. PC Enggak dianjurin dipakai buat.

Simbol plastik daur ulang pada dasarnya dirancang untuk membantu staf di pusat daur ulang, agar dapat memisahkan bahan untuk diproses dengan baik.

Pengetahuan dasar lambang ini juga dapat membantu kita dalam memastikan apakah barang plastik di rumah aman untuk kita dan anak-anak kita.

Hati-hatilah dalam menggunakan plastik, khususnya kode 1, 3, 6 dan 7 (PC), sebab seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Gunakan hanya sekali pakai saja. Cukup aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5 dan 7 (SAN atau ABS).

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Wajib Tau! Inilah 7 Simbol Pada Kemasan Plastik





Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code